Wednesday, December 31, 2014

SAMBUT TAHUN BARU 2015, PEMPROV BERSAMA MASYARAKAT PAPUA GELAR PESTA KEMBANG API

Jayapura, Wiiyai News – Ribuan masyarakat Papua yang berdomisili di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi merayakan pesta kembang api menyambut Tahun Baru 2015 bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Papua di halaman kantor Gubernur Papua.


Dari pantauan di lapangan, masyarakat yang berdomisili di Kota Jayapura dan sekitarnya sangat antusias menyambut malam pergantian tahun dari 2014 ke 2015 dan tidak hanya berkumpul di halaman kantor Gubernur Papua tetapi juga di pusat Kota Jayapura tepatnya di jalan Ahmad Yani, Taman Imbi, Lingkaran Abepura, Makam Theys Eluay di Sentani dan pusat-pusat keramaian lainnya.


Ribuan warna-warni kembang api menghiasi langit Kota Jayapura dan sekitarnya selama 1 jam saat detik-detik pergantian tahun 2014 -2015 tiba yang ditandai dengan bunyi sirine oleh Gubernur Papua dan saling bersulang minuman antara seluruh Forkompimda serta pimpinan SKPD sebagai tanda kebersamaan menyambut Tahun Baru 2015.


Pesta kembang api yang diadakan oleh Pemprov Papua

Pesta kembang api yang diadakan oleh Pemprov Papua



Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal saling berpelukan dan meminta maaf kepada seluruh pimpinan SKPD dan Forkompimda yang hadir serta kepada seluruh masyarakat Provinsi Papua atas semua kehilafan dan kesalahan selama tahun 2014.


Pesta kembang api yang digelar Pemprov Papua tahun 2014 menyambut Tahun Baru 2015 dilakukan sangat sederhana jika dibandingkan dari tahun sebelumnya, dimana perayaan malam pergantian tahun ini Pemprov menyediakan panggung rakyat yang menghadirkan beberapa artis-artis lokal Papua untuk menghibur masyarakat Papua.


Dimalam pergantian tahun ini tidak semua masyarakat Papua memilih untuk merayakan dengan pesta kembang api. Namun, mereka memilih untuk merayakan malam pergantian Tahun dengan berkumpul bersama keluarga sambil mengadakan pesta kecil-kecilan.


Antusiame warga yang datang untuk menonton pesta kembang api cukup tinggi

Antusiame warga yang datang untuk menonton pesta kembang api cukup tinggi



Pesta perayaan pergantian tahun ini berlangsung sejak pukul 19.00 s/d 23.59 wit membuat Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara yang berada di wilayah Indonesia Timur lebih cepat merayakan Tahun Baru dari pada Jakarta karena perbedaan waktu.


Sementara itu, malam pergantian tahun ini juga sertai dengan peluncuran pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) sistem online oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Papua yang sementara beroperasi di 12 Polres di wilayah hukum Polda Papua, sesuai dengan Instruksi Kakorlantas Polri.


Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Pol. Drs. Yotje Mende, M.Hum mengatakan peluncurun pembuatan SIM dengan sistem online ini untuk memudahkan para pengemudi dalam mengurus SIM baru maupun perpanjang masa berlaku SIM.


“Jadi, kalau bapak ibu yang SIM dari daerah lain sudah mati itu bisa diperpanjang di Papua sini,” Kata Kapolda Papua, Yotje Mende saat meresmikan peluncuran pembuatan SIM dengan sistem online di malam pergantian tahun 2014-2015, Rabu (31/12/14). (PIET/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1CUBcyp

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment