Sunday, December 14, 2014

MARKETING PARIWISATA PAPUA TERUS DITINGKATKAN

Jayapura, Wiyai News – Tak bisa dipungkiri bahwa keindahan dan kekayaan alam Papua sangat berlimpah, pengakuan ini bukan hanya didengung-dengungkan oleh masyarakat Papua atau Indonesia sendiri, tetapi beberapa lembaga survei dari sejumlah Negara pun telah telah merilis terkait kindahan dan kekayaan alam Papua yang sungguh sangat luar biasa.


Saat ini khususnya untuk kekayaan alam Papua sudah dikelola baik oleh investor asing maupun investor lokal, meski dalam presentasinya keterlibatan pengusaha asli Papua masih sangat minim, namun kondisi tersebut mulai berangsur berubah, dimana keinginan dari putra putri asli Papua untuk terjun ke dunia usaha mulai meningkat.


Sektor pariwisata di Papua hingga saat ini masih membutuhkan perhatian serius, menginggat hingga saat ini Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua masihlah sangat minim. Kondisi ini terlihat dari sejumlah tempat wisata di Kota Jayapura yang tidak menunjukan perkembangan signifikan juga presentasi pengunjung masih sangat rendah, sementara Kota Jayapura sendiri merupakan barometer untuk Papua pada umumnya.


Abner seorang penjaga salah tempat wisata Holtekam di Kota Jayapura mengatakan, tingkat pengunjung untuk tempat-tempat wisata di Kota Jayapura masih sangat rendah, masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya hanya berkunjung ke tempat wisata pada hari Sabtu dan Minggu itupun hanya mencapai 50 orang.


Abner menambahkan, jika libur hari-hari raya baru pengunjung cukup meningkat, namun tidak begitu signifikan, kondisi ini mungkin juga dipengaruhi oleh kemampuan pengelolaan tempat wisata yang belum begitu mampu.


Dengan kesaksian Abner tersebut, tentunya membutuhkan peran serta semua pihak guna memperhatikan sektor pariwisata di Papua. Bukan hanya peran serta dalam mengunjungi tempat-tempat wisata namun peningkatan pengetahuan terkait pengelolaan sektor pariwisata juga sangat dibutuhkan.


Sektor pariwisata bukan hanya mengacu pada tempat-tempat rekreasi yang sering dikunjungi warga, namun hal lain yang memiliki nilai sejarah dan eksotisan belum mampu dikelola dengan baik sehingga memiliki nilai ekonomi penting.


Salah satu yang tidak mendapat perhatian serius yakni benda-benda peningalan perang dan sejumlah monumen yang ada di Papua tidak terawat sehingga tidak mampu menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Sementara jika belajar dari daerah lain, maka salah satu income terbesar bagi daerah juga berasal dari sektor pariwisata.


Meski pendapatan daerah yang berasal dari sektor pariwisata di Papua berangsur-angsur mulai meningkat, tetapi angka tersebut belum memberikan dampak positif, sebagai mana yang diungkapkan pihak Dinas Pariwisata Provinsi Papua.


Sehingga pemerintah melalui dinas teknis tidak tinggal diam, namun berbagai upaya terus di lakukan demi peningkatan pendapatan sektor pariwisata di Papua.


Menyadari pentingnya sektor pariwisata bagi Papua, Gubernur Provinsi Papua terus mendorong peningkatan sektor pariwisata. Terlebih dalam mewujudkan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe dan Klemen Tinal yakni Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera, maka sektor pariwisata tak bisa dipandang sebelah mata.


Selain itu sektor pariwisata juga menjadi senjata untuk memperkenalkan Papua hingga tingkat internasional, sehingga sumber daya manusia akan terus ditingkatkan guna mengelola sektor pariwisata di Papua.


Pemerintah Provinsi Papua terus melakukan pelatihan mengikut sertakan para putra-putri Papua pada dalam dunia pendidikan formal, untuk mampu mengelola potensi pariwisata yang ada di Papua.


Tentunya peningkatan SDM ini melalui sejumlah lembaga pendidikan yang ada di tanah Papua juga perguruan tinggi-perguan tinggi di luar Papua yang fokus pada program studi pariwisata.


Komitmen Pemerintah Provinisi Papua ini bukan hanya janji semata, tetapi telah dituangkan dalam sebuah regulasi daerah dan telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Papua.


Disamping regulasi tersebut sejumlah program dan alokasi anggaran pun telah disahkan, melalui penetapan anggaran belanja daerah yang tetantu akan ditangani langsung oleh dinas teknis.


Masyarakat sendiri tentunya diharapkan agar mampu menguasai sitem pengelolaan sektor wisata dengan baik, sehingga mampu menjawab berbagai kebutuhan ekonomi, juga penambahan pendapatan bagi warga. (BEY/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1uEpmPS

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment