Monday, December 15, 2014

PERAN GURU SANGAT PENTING DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI TANAH PAPUA

Jayapura, Wiyai News – Guru memiliki pesan besar dalam memajukan pendidikan di tanah Papua, karena kualitas dari pendidikan adalah seorang guru. Statement tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua, Elias Wonda.


“Sebenarnya inti dari kualitas pendidikan itu guru. Banyak orang yang menilai kualitas pendidikan itu siswa, tapi saya sendiri mengatakan itu guru, karena memang guru harus berkualitas, baru pendidikan di Papua bisa maju,” kata Elias Wonda kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Minggu (14/12/14).


Elias menilai, saat ini kebanyakan guru ketika mengajar lebih memberi catatan ketimbang mengajar seorang siswa, bahkan guru sering tidak berada di tempat.


“Kalau dulu, tepatnya di tahun 80 an, guru tidak pernah memberikan buku kepada siswa, tetapi lebih dulu berikan materi baru mengajar. Begitu juga sebelum mengajar, pengawas akan melakukan pemeriksaan, kalau oke baru diperbolehkan untuk mengajar sampai selesai dan keluar,” katanya.


Sebelumnya. Asisten II Papua, Elia Loupatty mengatakan pemerintah daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota masih terus menggumuli masalah pendidikan di Papua, karena secara nasional telah memberikan dampak yang kurang baik bagi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Papua.


Disamping itu, masalah pendidikan juga menjadi perhatian Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, sehingga dalam program Gerbang Mas Hasrat Papua, pendidikan memiliki prioritas tersendiri yang harus dilaksanakan, karena itu pembangunan berawal dari manusia dan kembali berakhir pada manusia itu sendiri.


“Kami sadar persoalan ini tidak bisa kami selesaikan sendiri, sehingga kami sangat berharap dukungan dari stakeholder yang lain, agar persoalan pendidikan dapat tertangani dan ditangani secara bersama-sama, demi terwujudnya visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera,” kata Elia Loupatty. (EDDY/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1wzWcW4

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment