Sunday, December 14, 2014

DIDUGA AKIBAT PENCURIAN DI MALL RAMAYAN, DUA SUKU NYARIS BENTROK

Sorong, Wiyai News – Diduga akibat salah paham terkait masalah pencurian di Mall Ramayana, Kota Sorong, Suku Kei yang berdomisili di daerah Malanu dan Melati raya nyaris bentrok dengan Suku Ayamaru yang berada di daerah Kampung Nanas (Kamnas), Klademak III Jumat (12/12/14) malam. Aparat kepolisian bersenjata lengkap langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengamankan kedua suku tersebut.


Kapolres Sorong Kota, AKBP Karimudin Ritonga,S.Ik MH melalui Kabag Ops, AKP Asep Bangbang Saputra,SH S.Ik kepada sejumlah awak media di TKP menjelaskan, kejadian ini berawal dari salah paham salah satu pengunjung Mall Ramayana dengan security.


Merasa dikecehkan, security Mall Ramayana yang diduga berasal dari Suku Kei itu menghubungi keluarganya yang berada di Melati Raya, KM 9, sehingga pemuda Kei di Kota Sorong dkumpulkan untuk melakukan penyerangan ke kompleks Ayamaru di Kamnas/ belakang Yohan, Jumat malam kemarin.


“Kejadian ini bermula dari masalah salah paham antara masyarakat di belakang Ramayana dengan petugas atau security Mall Ramayana, itu yang pemicu pertama sehingga terjadi nyaris bentrok ini” Kata Asep.


Lanjut Asep menjelaskan, karena masyarakat merasa tidak puas dengan tindakan security Ramayana itu, maka membuat ketibutan, maka petugas keamanan itu merasa panik dan menghubungi keluarga Kei, sehingga nyaris bentrok.


Dari pantau media ini, ratusan pemuda Kei yang mendatangi TKP, sekitar pukul 00.00 WIT ini, langsung membakar sebuah pangkalan ojek yang berada di areal itu. Bahkan membakar ban bekas di depan jalan Ahmad Yani, mengakibatkan jalan tersebut macet total.


Keributan antar dua suku ini aman ketika seperdua (1/2) personil dari Polres Sorong Kota, dibantu satu kompi dari Den C Pelopor Brimob Polda Papua dikerahakan ke TKP untuk mengamankan kejadian ini.


Kapolres Sorong Kota bersama jajarannya terus melakukan negosiasi kepada kedua belah pihak untuk membubarkan diri. Direncanakan, pihak kepolisian resort Sorong Kota akan memfasilitasi penyelesaian masalah ini. (ARS/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1vOq3q4

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment