Thursday, December 18, 2014

KODAM XVII/ CENDERAWASIH JAMIN KEAMANAN KUNJUNGAN PRESIDEN JOKOWI KE PAPUA

Jayapura, Wiyai News – Panglima Komando Daerah Militer XVII/ Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Fransen G. Siahaan mengatakan kekuatan TNI untuk mengarahkan keamanan dalam rangka kunjungan Presiden Indonesia Jokowi ke Jayapura untuk melakukan natal nasional bersama TNI Polri dan masyarakat Papua.


Lebih lanjut, Pangdam menjelaskan kekuatan keamanan dalam hal ini TNI Polri di Papua cukup besar, untuk itu pihaknya meminta kepada petinggi TNI Polri di Jakarta agar tidak perlu ada penambahan personel dari luar Papua.


“Ya, kekuatan personel di Kodam XVII/Cenderawasih bersama Polda Papua cukup kuat untuk melakukan pengamanan dan tidak perlu ada penambahan personel dari luar Papua saat kunjungan Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo ke Jayapura nanti,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI. Fransen G.Siahaan. SE, usai melakukan tatap muka dengan insan pers di Aula Tonny A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Kamis (18/12/14).


Dikatakan Pangdam, alasan tidak perlu penambahan personel keamanan dari luar Papua karena ada kekuatan personel dari 1 Komando Resort Militer 2 Batalyon Infantri dibantu personel dari pihak kepolisian serta pasukan yang melekat pada Presiden yaitu pasukan khusus Presiden (Paspampres).


“Nanti ada pasukan dari Korem 172 akan digerakan dan Batalyon 751/Raider serta Batalyn 756 di Wamena, Kabupaten Jaya Wijaya. Kekuatan personel lain yaitu unsur bantuan Den Zipur, karena Detasemen Zeni Tempur yang mempunyai kemampuan untuk mengamankan Bom dan akan di bantu oleh Jihandak dari kepolisian,” tegas mantan Danrem Sorong 171/PVT itu.


Ketika disinggung kesiapan pasukan dalam menghadapi ancaman seperti peledakan bom saat kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan nanti, Pangdam dengan tegas mengatakan tidak ada bom akan tetapi mungkin untuk intrik-intrik ke sana masih didalami akan tetapi ancaman tersebut tidak akan ada. “Kalau untuk daerah rawan kita selalu waspadai saat kunjungan Presdien nanti,” katanya.


Selain itu, TNI sebagai alat Negara berharap kepada Gubernur untuk di gelar titik-titik mana yang akan menjadi kunjungan Presiden Jokowi nanti.


“Karena Gubernur adalah sebagai penanggung jawab masalah keamanan dan hal itu tertuang dalam Undang-undang Pemerintahan bahwa, keamanan dibawah tanggung jawab Gubernur,” jelas Jenderal berpangkat 2 bintang itu.


Untuk itu, kata Pangdam, dalam rangka kedatangan Presiden RI ke Jayapura, 27 Desember 2014 mendatang, Ibu Yohana Yembise Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mnghubungi pihak Kodam XVII/ Cenderawasih dan Polda Papua untuk menyampaikan perkembangan dan situasi di Papua khusus kota Jayapura dimana Presiden akan mengikuti acara natal nasional pada tanggal 27 Desember 2014.


“Dari kesimpulan yang telah disampaikan kepada ibu Menteri Yohana dan akan disampaikan nanti kepada Presiden bahwa aparat keamanan Kodam XVII/Cenderawasih bersama jajaran Polda Papua sudah siap untuk mengamankan kedatangan Presdien RI,” tegas Pangdam. (PIET/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1C3F1ya

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment