Monday, December 8, 2014

SAGU MEMILIKI PERANAN PENTING DALAM PENYEDIAAN KEBUTUHAN PANGAN BAGI ORANG ASLI PAPUA

Jayapura, Wiyai News – Secara ekonomis, sagu memiliki peranan penting dalam penyediaan kebutuhan dasar pangan bagi Orang Asli Papua (OAP) yang hidup di hutan, rawa, lembah dan kampung- kampung terpencil di pelosok Tanah Papua.


“Tidak salah kalau kita perlu menghargai tanaman sagu dengan memberikan perhatian dalam bentuk perlindungan terhadap tanaman sagu,” kata Gubernur Papua, Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Senin (08/12/14).


Menurut Enembe, sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan beberapa lembaga peneliti, Papua memiliki hutan sagu terluas dan hampir 90 persen hutan sagu Indonesia ada di Papua, dan ditemukan 61 jenis tanaman ini, ada 32 jenis yang memiliki potensi produksi tinggi dan telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat asli Papua.


“Dari sisi kultur teknis budidaya, tanaman ini tidak mengenal musim, dan hampir seluruh masyarakat yang menggantung hidupnya dari tanaman sagu pasti tahu cara melakukan budidaya dan memilih lokasi dimana harus menanam sagu,” katanya.


Beberapa hal untuk menjadi perhatian bersama terkait Prospek pengembangan sagu berkelanjutan di Papua, yakni menjadikan sagu sebagai komoditi unggulan lokal Papua dengan melakukan proteksi dan perlindungan terhadap berbagai jenis varietas sagu yang ada di Papua sebagai bagian dari kekayaan kearifan lokal Papua.


Siapkan pengembangan sagu dengan sistem budidaya dan teknologi pengembangan tepat guna, sehingga mudah dipahami dan dikerjakan oleh masyarakat sebagai salah satu sumber pendapatan yang dapat meningkatkan taraf hidup rakyat di kampung-kampung.


Selain itu, mengajak masyarakat untuk mengurangi pola konsumsi beras dengan mengkonsumsi sagu sebagai sumber pangan bernilai gizi tinggi milik masyarakat Papua.


“Sejalan dengan arah dan kebijakan pengembangan sagu secara nasional, maka saya juga mengharapkan pemerintah Pusat untuk terus memberikan perhatian terhadap pengembangan sagu di Papua sebagai sumber pemenuhan pangan nasional,” kata Enembe.


Menanggapi itu, Enembe meminta semua pihak khususnya SKPD teknis di jajaran pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk terus bekerja keras dengan melakukan berbagai upaya dan terobosan baru bagi pengembangan tanaman sagu di Papua.


“Ini perlu dilakukan karena secara berkelanjutan dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan perbaikan gizi masyarakat Papua di kampung-kampung yang sampai saat ini masih menjadikan sagu sebagai makanan pokok untuk keberlangsungan hidupnya,” katanya. (EDDY/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/12VQrZ5

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment