Thursday, December 18, 2014

BANGUN KERJASAMA DENGAN POLRI, PERTAMINA LAKSANAKAN PENINGKATAN KAPASITAS KEHUMASAN

Sorong, Wiyai News – Guna meningkatkan pelayanan kehumasan di jajaran Kepolisian Republik Indonesia, Pertamina dan Polri melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas (capacity building) di Swissbel Hotel, Kamis (18/12/14), hadir sebagai pembicara Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Boy Rafli Amar, MA. Kegiatan yang dibuka oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol Drs Paulus Waterpuw ini diikuti oleh staf humas dari beberapa Polda di wilayah Timur Indonesia.


Wakapolda Papua, Brigjend Pol Drs Paulus Waterpauw kepada sejumlah wartawan usai membuka kegiatan ini mengatakan, bidang kehumasan sangat penting karena menerapkan sentral, sehingga Polda Papua sangat berterima kasih kepada humas mabes yang sudah membangun patnership dengan Pertamina.


Wakapolda Papua, Drs Paulus Waterpauw membuka kegiatan pelatihan media dan public speaking di swiss-bell hotel, Kota Sorong, Kamis (18/12/14)

Wakapolda Papua, Drs Paulus Waterpauw membuka kegiatan pelatihan media dan public speaking di swiss-bell hotel, Kota Sorong, Kamis (18/12/14)



“Kami pikir ini sesuatu hal yang sangat baik dan positif untuk bagaimana menyiapkan para anggota kita yang nanti menjadi corong, menyampaikan berbagai hal yang terkait dengan kejadian itu sendiri maupun langkah-langkah kepolisian juga termasuk Pertamina yang selama ini mungkin jadi utama ya, dalam hal keingintahuan dari pada masyarakat berkaitan dengan kebijakan-kebijakan institusional yang kita punyai,” tutur orang kedua di Polda Papua Barat ini.


Lanjut Waterpauw, untuk kedepan secara otomatis akan dilakukan pelatihan-pelatihan ke tingkat Polres dan Polsek di jajarannya masing-masing, selain itu juga kita akan melakukan upaya-upaya dengan para pihak yang lain untuk internal di wilayah di sini.


Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjend Pol Boy Rafli Amar.MA saat ditemui di sela-sela acara ini menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas anggota Polri dalam melayani masyarakat, termasuk media masa. Karena kehumasan ini sejak 2010 itu tidak hanya di Polda, tapi juga di Polres dan Polsek. Kita memang menyadari bahwa output belum menjangkau ke sana, jadi sebagai Pembina fungsi kehumasan, Kalau dilatih oleh sendiri cukup berat karena keterbatasan anggara yang dimiliki, maka kita kerja sama dengan Pertamina,” terang Karo Penmas Humas.


Disamping meningkatkan kapasitas kehumasannya dengan pelatihan ini, agar para petugas humas polri bisa lebih efektif dalam menjalin hubungan dengan pihak media masa dan juga tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM dan lain sebagainya, itu diharapkan ada kerjasama yang baik dengan pihak Pertamina.


Karena Polri mau mencegah terjadi penyimpangan-penyimpangan terutama dibidang BBM itu, diharapkan juga kata Boy Rafli, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik karena ada misi Negara yang harus dibantu.


“Jadi lebih kepada membangun kapasitas internal daripada kerjasama dengan eksternal, karena itu meski di Papua sini baru pertama kali pelaksanaannya di Kota Sorong, tapi pada tahun 2015 mendatang akan kami jadwalkan di Jayapura, agar humas Polres yang ada di Pegunugan dapat mengikutinya,” beber Karo Penmas itu.


Peserta pelatihan media dan publikasi speaking

Peserta pelatihan media dan publikasi speaking



Lebih lanjut calon Kapolda Banten ini menjelaskan, untuk ke depan pembekalan ini sasarannya bukan Polda lagi tapi ke jajaran Polres, karena Kabid Humas Polda sudah sering mengikuti tapi untuk tingkat Polres sangat minim mendapat pembekalan.


“Inilah kesempatan kita membekali mereka itu, karena pelatih atau instruktur professional yang kita datangkan dari bidang ahli seperti Dewan Pers, sehingga ada nuansa baru yang dirasakan teman-teman kita ini, itu yang kita harapkan membangun wawasan intelektual kehumasan di daerah-daerah,” ujar Boy Rafli.


Peserta yang mengikuti kegiatan ini dari Polda Papua, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku dan Sulawesi Selatan.


Sementara itu, Jakson Simanjuntak selaku manager eksternal komunikasi Pertamina menjelaskan, kegiatan ini adalah kegiatan ke 3 di tahun 2014. “Untuk Papua ini yang pertama kali. Kegiatan ini, untuk memberikan pelatihan kepada anggota Polri dan juga Pertamina,” tukasnya. (ARS/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1zCE7YC

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment