Tuesday, December 30, 2014

SYAFRUDIN: PRESIDEN SANGGUPI RS RUJUKAN DI KOTA SORONG

Sorong, Wiyai News – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sorong, Syafrudin Sabonama Riantoby, SH, M.Hum mengatakan, kunjungan Presiden Jokowi ke Kota Sorong, Minggu (28/12/14) dilanjutkan dengan melakukan temu wicara bersama elemen masyarakat, adat dan agama serta kepala daerah di Papua Barat, itu merupakan moment yang sangat baik.


Karena melalui moment ini bisa disampaikan aspirasi masyarakat yang selama ini terpendam, dimana hal yang paling pokok tentang infrastruktur kesehatan. Karena di daerah kepala burung ini didiami oleh lima (5) Kabupaten dan satu (1) Kota.


Tetapi sampai saat ini, tidak ada satu pun Rumah Sakit (RS) Rujukan yang berada di wilayah Kepala Burung Papua, hal ini berdampak sangat tidak baik bagi peningkatan kesehatan masyarakat.


“Makanya dalam Forum temu wicara itu, saya minta kepada Presiden supaya membangun satu Rumah Sakit Rujukan (RSR) yang berlokasi di Sorong Raya ini, karena selama ini kalau masyarakat sakit, harus dirujuk ke makasar dan itu berdampak pengeluaran cost yang besar, musti tiket pesawat bagi pendamping maupun pasien, kemudian di sana mereka akan kost karena biasanya Rumah Sakit padat” ungkap Syafrudin dalam konferensi persnya ke sejumlah wartawan di salah satu cafe di Kota Sorong, Selasa (30/12/14)


Kata Bang Sabon (sapaan akrabnya), Presiden Jokowi sudah menyanggupi aspirasi masyarakat itu, “Beliau (Jokowi-red) langsung tanya kemauan masyarakat ini apakah rumah sakit daerah atau swasta, nah saya bilang, kami perlu rumah sakit daerah, karena swasta nanti mahal biayanya, Bapak Presiden langsung mengatakan hal ini akan menjadi priotitas di tahun 2015 nanti” ujarnya.


Sebagai anggota Komisi A DPRD Kota Sorong, Sabonama mengatakan, pihaknya akan melakukan upaya-upaya supaya inisiatif Rumah Sakit Rujukan ini bisa direalisasikan, memang di Kabupaten Sorong ada Rumah Sakit yang akan direncanakan menjadi RSR, tetapi sampai saat ini juga belum jelas.


Diharapkan, kalau memang Pemerintah Pusat menyamggupi untuk membangun Rumah Sakit Rujukan, maka ada koordinasi antara lembaga di Kabupaten dan Kota Sorong ini supaya difokuskan Rumah Sakit tersebut berlokasi dimana.


Dengan hadirnya Rumah Sakit ini, maka persoalan yang krusial di Sorong raya cepat diselesaikan, karena di sini masih ada Rumah Sakit yang masih menepatkan pasien penyakit menular bercampur dengan pasien umum dalam satu ruangan atau bangsal.


“Hal ini sebenarnya tidak boleh karena melanggar hak azasi manusia (HAM), karena setiap orang berhak mendapatkan akses kesehatan yang layak, maka sudah jelas petugas kesehatan di Rumah Sakit Sele Besolu telah melanggar HAM” Tegas Sabon. (ARS/WN)






from WiyaiNews http://wiyainews.com/syafrudin-presiden-sanggupi-rs-rujukan-di-kota-sorong.html

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment