Friday, December 26, 2014

KODAM XVII/CENDERAWASIH GELAR PAMERAN ALUTSISTA

Jayapura, Wiyai News – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Letnan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan pelaksanaan pameran Alutsista untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang kegiatan dan pembinaan teritorial dan pembinaan satuan yang telah dilaksanakan oleh satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih kepada masyarakat dan memberikan pengetahuan serta wawasan tentang Alutsista TNI AD dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air, bela Negara dan kebanggaan terhadap Bangsa dan Negara.


Lebih lanjut, Kasad menjelaskan pameran tersebut merupakan laporan kepada seluruh masyarakat bahwa ini adalah kelengkapan umum sisitim senjata yang di milki TNI AD yang harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat bahwa Alutsista tersebut di beli dengan uang yang merupakan pajak-pajak dari masyarakat, sehingga masyarakat harus melihat alat-alat tersebut.


Direncanakan, lanjut Kasad, pameran alutsista ini akan di kunjungi juga oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, saat berkunjung ke Papua Sabtu, (27/12/14).


“Alutsista ini merupakan alat kelengkapan TNI AD yang di pakai untuk melindungi masyarakat, yang bukan saja ada di mabes TNI AD akan tetapi ada di semua Kodam di seluruh Indonsesi, di Kostrad dan semuanya difungsikan sesuai dengan konfigurasi,” kata Kepala Staf (KASAD) TNI Angkata Darat Letnan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat berkunjung ke pameran Alutsista yang digelar Kodam XVII/Cenderawasih, Jumat (26/12).


Sementara itu, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI. Fransen G. Siahaan, SE mengatakan pameran Alutista ini perlu dipahami bersama bahwa dalam rangka hari Juang Kartika ke 69 tahun 2014 yang di peringati setiap tanggal 15 Desember dan ini pertama kalinya pihak TNI menggelar pameran di tanah Papua.


“Ya, kegiatan ini tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat Papua tentang persenjataan terbaru yang di miliki oleh TNI, sekaligus sebagai pertanggung jawaban TNI kepada seluruh rakyat Indonesia,”kata Pangdam XVII/Cenderawasih dalam sambutan yang dibacakan Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI. Tatang Sulaiman saat pembukaan pameran alutista dihalaman kantor Gubernur Papua, Jumat (26/12/14).


Kasad saat kunjungi stand pameran Alutsista

Kasad saat kunjungi stand pameran Alutsista



Adapun, lanjut Pangdam jenis-jenis senjata dan kendaraan TNI yang akan di pamerkan antara lain, Tank Scorpion, Tank Anoa, Panser Meriam-150/KH 178, Roket MLRS, Kendaraan Tempur Komodo, Kendaraan Tempur Pakis, Kendaraan Tempur D-Max, Caspier, Kendaraan MRCV dan peralatan tempur lainnya.


“Diharapkan setelah melihat jenis Alutsista itu secara dekat, akan menambah wawasan dan semakin terbukanya informasi dalam mengenal perkembangan alutsista maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan TNI Angkatan AD (AD) ini,” jelas Tatang.


Selain pameran alutsista, juga diadakan kegiatan donor darah untuk membantu masyarakat Papua yang membtuhkan bantuan darah karena setetes darah sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan.


“Ada juga lomba-lomba yang bersifat menumbuhkan rasa kebangsaan di kalangan Pemuda, sehingga masyarakat semakin mengerti dan mencintai kemudian memberikan pandangan maupun pemikiran,”terangnya.


Kegiatan pameran Alat Utama dan Sisitim Senjata (Alutsista) TNI Angkatan Darat yang di pusatkan di lapangan upacara kantor Gubernur Provinsi Papua ini berlangsung selama 3 hari dan dimulai dari tanggal 26 Desember sampai tanggal 28 Desember 2014.


Pameran alutsista yang di gelar Kodam XVII/Cenderawasih ini diikuti seluruh Korem dan Kodim yang ada di wilayah hukum Kodam XVII/Cenderwasih. Ada 124 anggota TNI yang memamerkan alutsista yang ada di 30 stand yang disediakan dari TNI AD, lantamal X Jayapura menyediakan 1 stand dengan alutsista TNI AL yang dipamerkan (15) orang anggota.


Hadir dalam pembukaan pameran alutsista tahun 2014 ini Perwakilan Pemerintah Papua, DPR Papua, Kapolda Papua, Kajati Papua, Danlantamal X Jayapura, Danlanud Jayapura, Walikota Jayapura, Ketua Persit KCK XVII/Cenderawasih, Para Veteran TNI-Polri serta tamu undangan lainnya. (PIET/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1x7x0I2

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment