Monday, December 15, 2014

PEMPROV PAPUA BERIKAN BANTUAN 100 SAK SEMEN KEPADA GEREJA GKI TEHUPA

Jayapura, Wiyai News – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan bantuan berupa 100 sak semen kepada GKI Tehupa, Skouw Sae, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Papua. Dimana bantuan tersebut digunakan untuk pembangunan gereja di daerah tersebut.


Pemberian bantuan untuk pembangunan gereja Tehupa diserahkan bertepan dengan perayaan Natal bersama Kominfo Papua, yang dilakukan pada 11 Desember lalu, di kawasan perbatasan.


“Sementara, lewat Natal ini kami mencoba untuk membuka atau memberikan suatu perubahan khususnya di daerah-daerah terpencil,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Papua, Arschipus Kaize kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Senin (15/12/14).


Menurut Kaize, selama ini pembangun gereja di Skouw Sae dilakukan melalui swadaya masyarakat setempat. Untuk itu, dengan adanya bantuan dari pemerintah provinsi diharapkan dapat membantu jemaat setempat.


“Ini kami lakukan karena gubernur mengatakan pembangunan itu dilakukan mulai dari kampung ke kota. Dari sisi Kominfo kami mencoba untuk membuka wawasan, karena daerah perbatasan merupakan serambinya Indonesia, apalagi Skouw merupakan titik pertama,” kata Kaize.


Diharapkan, ketika peresmian gereja yang direncanakan rampung 2017 mendatang, bisa dirangkaikan dengan kegiatan-kegiatan lain, seperti membuat satu abrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan pembangunan rumah bagi masyarakat oleh Dinas Sosial, kemudian infrastruktur.


“Dengan harapan daerah di kawasan perbatasan ini kedepan akan berubah lebih maju,” katanya.


Sebelumnya. Kepala Biro Kesra dan Kemasyarakatan Papua, Naftali Yogi mengatakan dana yang diperuntukan untuk pembinaan semua lembaga keagamaan yang sudah dipersiapkan pemerintah provinsi sebesar Rp. 19 miliar dalam bentuk fresh money.


Dana sebesar Rp. 19 miliar merupakan 10 persen dari 20 persen dana Otonomi Khusus Papua, yang diperuntukan untuk pembinaan semua lembaga keagamaan yang ada di Provinsi paling timur di Indonesia ini.


“Semua dana tersebut sementara dalam proses administrasi, diharapkan dalam waktu dekat bantuan kepada semua lembaga keagamaan sudah dapat diberikan,” kata Naftali Yogi kepada wartawan, di Jayapura, Papua. (EDDY/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1BPqzMH

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment