Monday, December 8, 2014

KOMISI IX RI YANG MEMBIDANGI KESEHATAN MELAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE JAYAPURA PAPUA

Jayapura, Wiyai News – Komis IX DPR RI yang diketuai oleh Dede Yusuf melakukan kunjungan kerja ke Jayapura Papua, dalam kunjungannya yang terima oleh Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen dan Asisten III Setda Papua, Rosina Upessy berlangsung di ruangan Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura.


Pada diskusi terbuka tersebut turut hadir, Asisten III Setda Papua, Rosina Upessy, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg Aloysius Giayi, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Papua, Yan Piet Rawar, Direktur RSUD Jayapura, memaparkan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan sesuai bidang yang pegang oleh Komisi IX DPR RI.


Pertemuan yang berlangsung kurang 2 jam lebih ini, dipimpin oleh Dede Yusuf, Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini membicarakan sejumlah hal terkait kesehatan di Papua, diantaranya adalah rencana penambahan anggaran kesehatan


“Jadi saya sempat melihat anggran otsus di Papua cukup besar, dimana 20 persennya dialokasikan pada bidang kesehatan, tentunya ini menjadi perhatian kita semua. Dengan jumlah penduduk Papua dan jumlah dana otsus yang cukup besar harusnya dapat mencukupi, namun memang yang menjadi kendala adalah faktor geografis dan medan yang cukup besar,” ungkap Ketua Tim Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf.


Dede Yusuf, anggota Komis IX DPR RI

Dede Yusuf, anggota Komis IX DPR RI



Masalah SDM juga menjadi salah satu kendala kesehatan di Papua, SDM kesehatan di Papua masih sangat terbatas, banyak puskesmas yang tidak dilayani oleh tenaga medis ahli seperti dokter dan suster. “Saran kami adalah, pihak pemerintah Papua dapat memberikan bantuan pendidikan yakni dengan menyekolahkan masyarakat ada disekitar kampung dan kabupaten dan kedepan apabila sudah lulus dari pendidikan dpat kembali bertugas di kampung dan kabupaten tersebut untuk membangun kesehatan masyarakat melalui pelayanan kesehatan.” ujar Dede Yusuf.


Ini merupakan bagian dari strategi kami perihal kekurangan SDM bidang kesehatan di Papua. Sementara untuk penambahan anggaran kesehatan yang diajukan Pemerintah Papua, Dede Yusuf menjelaskan harus ada dorongan perihal penambahan anggaran, harusnya pada kesempatan ini pemimpin daerah yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Papua dapat hadir duduk bersama membicarakan apa yang menjadi kekurangan dan memberikan gambaran keadaan Papua.


“Kami sangat menyayangkan ketidakhadiran Gubernur dan Wakil Gubernur Papua pada kesempatan ini, kami ingin melihat dan mendengar langsung dari pimpinan daerah agar semuanya menjadi jelas” kata Ketua Tim Komisi IX DPR RI. (EDDY/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1wn2Dip

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment