Monday, November 3, 2014

DESEMBER, BANDARA PETRUS SIMONAPENDI BOTAWA DIRESMIKAN

Jayapura, Wiyai News – Bandara Udara (Bandara) Petrus Simonapendi Botawa, Kabupaten Waropen dipastikan diresmikan Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP MH pada bulan Desember 2014 mendatang.


Hal ini disampaikan Bupati Kabupaten Waropen, Yesaya Buiney, kepada wartawan disela-sela kegiatan pencanangan dan pembangunan zona integritas dan penandatangan dokumen pakta integritas bagi para pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua dan Bupati/Walikota se Papua, Senin (3/11) kemarin di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura.


Bupati Yesaya Buiney mengatakan, peresmian bandara tersebut akan dilakukan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe. Selain peresmian bandara, Gubernur juga rencana meresmikan hasil pembangunan lainnya yang dibiayai oleh anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Provinsi Papua maupun anggaran pendapatan belanja Nasional (APBN).


“Ada dua jembatan yang dibiayai oleh APBD Papua, kalau sudah siap, tentu akan diresmikan oleh Gubernur bersamaan dengan Bandara Petrus Simonapendi Botawa,” kata Mantan Kepala Badan Kepegawaian Papua itu.


Dikatakan Bupati Waropen, dengan diresmikan bandara Botawa, tentunya bisa menarik invenstor untuk datang ke Kabupaten Waropen.


“Beberapa tahun lalu, ada investor yang datang kemudian pergi dan tidak kembali-kembali,” kata Bupati Yesaya Buiney.


Ditanya terkait bantuan dari APBD Provinsi Papua, Buiney menjelaskan pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua yang sudah memperhatikan daerah Waropen.


“Kami bantuan APBD Papua tahun 2014 sebesar Rp 14 miliar untuk pembangunan terminal bandara dan apron. Sementara pembangunan pelabuhan sebesar Rp 40 miliar,” jelas Bupati Waropen yang saat ini jadi tersangka.


Dijelaskannya, untuk bantuan dari APBN sendiri ada beberapa program kegiatan termasuk pembangunan jalan yang menghubungkan Waropen dan Nabire.


“Kita harapkan tahun depan jalan antar Kabupaten Waropen dan Nabire sudah terhubung. Jalan yang kita bangun sampai di Wapoga itu batas wilayah antara Waropen dan Nabire,” pungkasnya. (PIET/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1x1yRfR

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment