Saturday, November 15, 2014

PENDIDIKAN DAN PEREKONOMIAN BERKEMBANG PESAT DI KABUPATEN LANNY JAYA

Jayapura,Wiiyai News – Sesuai dengan Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Klemen Tinal, Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera, Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya telah melaksanakan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Ibukota Kabupaten Tiom yang di ikuti 7500 siswa PAUD. Dalam waktu dekat Gubernur serta Forkompimda Provinsi Papua akan berkunjung ke Lanny Jaya untuk melihat langsung program tersebut.


Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Befa Yigibalom, mengatakan saat ini sudah ada yang masuk di kelas 1 dan 2 SD, jadi sekarang sudah sampai ke tingkat SD dan ini yang pertama namun tidak membandingkan dengan Kabupaten lain ataupun di Provinsi Papua Barat.


“Ada 470 guru di Kabupaten Lanny Jaya dan semua itu dari tenaga lokal yang dibina oleh PKK tingkat Kabupaten. Dimana mereka dilatih, dibina oleh guru-guru instruktur lalu mereka bertugas.” kata Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom, disela-sela Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Bank Papua di Jayapura, Jumat (14/11).


Befa juga menjelaskan jumlah siswa di kelas 1, 2 dan 3 merupakan jumlah siswa terbanyak di seluruh Kabupaten Pegunungan Tengah Provinsi Papua yang merupakan jebolan dari PAUD di Kabupaten Lanny Jaya dan akan menjadi laporan bagi kepada Gubernur Papua.


Selain di bidang Pendidikan, Befa Yigibalom juga mengungkapkan dalam 3 tahun kepemimpinanya semua kepala keluarga (KK) di Lanny Jaya miliki rekening di Bank Papua senilai 5 juta rupiah, sekalipun mereka keluarga sederhana yang berdomisili di daerah terisolir.


“Nanti dalam waktu dekat ini Gubernur ke Lanny Jaya dan mereka akan menunjukan apakah jumlah tersebut masih tetap atau sudah bertambah. Kita sudah rekap seluruh di tingkat Kabupaten, bahkan di satu Distrik harta kekayaan masyarakat mencapai 10, 15, 30, 35 dan 40 juta. Jadi total yang nanti Gubernur laporkan bisa-bisa kekayaan rakyat capai 500 miliar.” ungkap Befa.


Bupati Befa Yigibalom juga mengatakan, ini bukan dari bantuan 5 juta saja tetapi, memang ada masyarakat yang pernah miliki pandangan untuk berwirausaha sehingga Pemerintah Daerah hanya mendorong dan kurang lebih ada 20 ribu rekening KK sesuai dengan laporan dari Distrik.


“Jadi kunjungan Gubernur Papua sebagaimana pencanangan waktu itu, Pendidikan Dasar itu sukses dan Ekonomi kita ada 2000 pengusaha.” lanjut Befa Yigibalom.


Dikatakannya, 2000 pengusaha itu sudah benar-benar menjadi pebisnis, dimana sudah miliki kios dan bisnis lainnya.


“Inikan banyak orang yang berfikir ini sesuatu yang tidak mungkin, tetapi ternyata ini bisa.” jelasnya.


Secara keseluruhan di Kabupaten Lanny Jaya ada tiga ribuan KK, tetapi yang punya rekening resmi adalah penduduk yang tinggal tetap di daerah itu.


“Memang ada yang tidak tercover, itu karena mereka tinggal di Wamena, Tolikara dan daerah lainnya hanya yang terkonsentrasi di Lanny Jaya sudah miliki rekening, sekalipun mereka tinggal di daerah terisolir sehingga di tahun ketiga itu yang kami ingin klaim, sudah bisa diukur dan saya selalu bilang ini memang harus diukur.” pungkas Yigibalom. (PIET/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1xtfkI4

#papua #wiyainews

1 comment:


  1. VIDEO : Kreasi LAGU WAJIB NASIONAL INDONESIA Masa Kini :PERSATUAN INDONESIA
    "Kreasi LAGU WAJIB NASIONAL INDONESIA Masa Kini : Persatuan INDONESIA"
    https://www.youtube.com/watch?v=6hu5dGjrAHk

    *AntenaTV Bagus, AntenaTV Rakitan, AntenaTV Digital
    *AntenaTV Sederhana, AntenaTV Yang Bagus, AntenaTv LED
    *AntenaTV Wajanbolic, AntenaTV UHF, AntenaTV Tanpa Boster, Cara Buat AntenaTV
    Nonton TV LEBIH ASYIK, dengan AntenaTV Bagus Wajanbolic
    http://antenatv-rakitan.blogspot.com

    Batik KHAS Bekasi dgn CORAK/MOTIF yg sesuai PAKEM & FILOSOFI BATIK BEKASI
    http://khasbatik.blogspot.com

    ReplyDelete