Thursday, November 13, 2014

PAPUA TIDAK TAKUT JIKA HARGA BBM NAIK

Jayapura, Wiiyai News – Rencana Pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Ir. Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada awal tahun 2015 mendatang tidak ada berpengaruh terhadap harga sembako di Papua.


Ketua Majelis Rakyat Papua, Timotius Murib mengatakan, Provinsi Papua dan Papua Barat tidak gentar jika Presiden dan Wakil Presiden rencana menaikan harga BBM yang sudah pasti mempengaruhi harga seluruh sembilan bahan pokok (Sembako) di Indonesia yang menjadi kebutuhan rakyat.


“Kami di Papua dan Papua Barat sama sekali tidak gentar karena di Papua sekarang harga BBM sudah sepuluh kali lipat dari harga yang mau dinaikan nanti,” kata Ketua MRP Papua, Timotius Murib kepada wartawan belum lama ini.


Lebih lanjut, dikatakan Murib, sekarang ini di Kabupaten Puncak Jaya 1 sak semen harga dua juta enam ratus rupiah dan jika harga BBM naik juga tidak ada pengaruhnya selain itu harga BBM 1 liter di Kabupaten Puncak Jaya itu sudah lima puluh tiga ribu.


“Jadi di Papua itu harga BBM sudah naik dan memang tidak adil tetapi itu kenyataan dan realita yang kami rasakan jadi apa yang mau kita takuti.” jelas Timotius Murib.


Jadi untuk Papua, ungkap Murib, pasca kenaikan BBM oleh Pemerintahan Jokowi-JK nanti masyarakat yang ada di Kota hanya merasakan sedikit gejolak.


“Tapi untuk masyarakat yang ada di pedalaman pasti tidak ada pengaruh karena harga BBM dan Sembako sudah naik sebelum rencana kenaikan BBM pada awal 2015 mendatang,” tandasnya.


Disinggung terkait dengan penerapan program Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar, pimpinan lembaga kultur orang asli Papua itu mengatakan program KIP dan KIS itu harus diterapkan bagi 33 Provinsi yang ada di Indonesia dengan demikian seluruh masalah khusus di Papua ini agar Papua juga mendapat kesempatan untuk mengikuti program Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat dalam bidang kesehatan maupun pendidikan.


“Saya pikir di Papua sekarang program itu sudah diterapkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe dan Klemen Tinal ditingkat Provinsi namun lebih baik jika Papua juga ikut dalam program nasional,” pungkas Murib. (PIET/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1Exlk1n

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment