Sunday, November 30, 2014

JELANG HUT OPM, POLRES SORONG KOTA SIAGA 1

Sorong, Wiyai News – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM), Senin (01/12/14) Polres Sorong Kota melakukan apel gelar pasukan dalam rangka mengantisipasi terjadinya tindakan memisahkan diri dari NKRI dan pengibaran bendera Bintang Kejora dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) .


Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Sorong Kota, Kompol Syamsu Ridwan,S.Ik pada saat memimpin apel gelar pasukan di halaman Mapolres Sorong Kota, Minggu (30/11/14) sekitar pukul 20.00 WIT menyatakan, situasi kamtibmas wilayah hukum Polres Sorong dalam status siaga satu.


“Berdasarkan perintah dari Kapolda Papua, maka status kamtibmas di wilayah hukum Polres Sorong Kota saya nyatakan siaga satu, dalam rangka mengatisipasi terjadinya gangguan keamanan sebelum dan sesudah HUT OPM,” tegas Wakapolres.


Kabag Ops Polres Sorong Kota, AKP Asep Bangbang Saputra,SH S.Ik sedang melakukan pengecekan personil

Kabag Ops Polres Sorong Kota, AKP Asep Bangbang Saputra,SH S.Ik sedang melakukan pengecekan personil



Kompol Syamsu menginstruksi kepada anggota agar tetap melaksanakan tugas, dan menindak tegas siapa pun yang mencoba melakukan kegiatan diluar ideologi Negara, ingin memisahkan diri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Mantan Kabag ops Polres Raja Ampat ini menegaskan, pendekatan yang dilakukan anggota kepolisian terhadap kelompok yang melakukan kriminal harus melalui tindakan persuasif, dan tidak dengan kekerasan.


Sementara Kepala Bagian Oprasional (Kabag Ops) Polres Sorong Kota, AKP Bangbang Asep, SH.S.Ik mengatakan, anggota yang disiagakan dalam pengamanan HUT OPM ini sebanyak 246 personil, yang terdiri satu (1) pleton Pom-AD, Pom-AL, Kodim 1704 Sorong, DLLAJ Kota Sorong, Den C Pelopor Brimob Polda Papua dan seluruh anggota Polres Sorong Kota.


Untuk sistem pengamanan, kata Kabag Ops pihaknya melakukan Patroli setiap saat mengelilingi Kota Sorong serta mengunjungi tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya pengibaran Bintang Kejora (BK).


Anggota Polres Sorong Kota saat melakukan Apel Gelar Papua, Minggu (30/11/14) di halaman Mapolres Sorong Kota

Anggota Polres Sorong Kota saat melakukan Apel Gelar Papua, Minggu (30/11/14) di halaman Mapolres Sorong Kota



“Sistem pengamanan yang kami lakukan yaitu, melakukan Patroli keliling Kota Sorong, mengunjungi tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya pengibaran Bintang Kejora (BK), agar mengantisipasi terjadinya pengibaran Bintang Kejora (BK),” tegas Asep.


Sedangkan, Juru bicara Komite Nasional Papua Barat wilayah Sorong Raya, Jack Baddi kepada para awak media beberapa waktu lalu menegaskan, pada HUT OPM tahun 2014, pihaknya tidak mengibarkan Bintang Kejora.


Menurut Jack, Bintang Kejora (BK) merupakan identitas dan harga diri bangsa Papua, sehingga tidak bisa dilayangkan seperti layang-layang.


“Bintang kejora bukan layang-layang untuk dinaikkan begitu saja, kan BK itu harga diri kami orang Papua,” tukas Jack. (ARS/WN)






from WiyaiNews http://wiyainews.com/jelang-hut-opm-polres-sorong-kota-siaga-1.html

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment