Sunday, November 30, 2014

MENGENAL SOSOK THOMAS SONDEGAU

Jayapura, Wiyai News – Thomas Sondegau Lahir di Kampung Jokatapa Kabupaten Intan Jaya Provinsi Papua pada 6 maret 1978, menyelesaikan pendidikan dasar di SD YPPK Bilogai pada Tahun 1992, kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 2 Biak Numfor dan tamat pada Tahun 1995, kemudian Thomas kembali melanjutkan pendidikannya di Biak Numfor dengan masuk di STM YPPK Biak Numfor, selesai pada Tahun 1998.


Setelah tamat dari STM, Thomas memilih untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Sains dan Teknologi Jayapura Fakultas Teknik dan selesai pada tahun 2003. Meski telah mengantongi ijasah serjana namun tidak mudah untuk bagi Thomas untuk mendapat pekerjaan tetap, selama dua tahun Thomas bekerja serabutan, kemudian pada tahun 2005 Thomas diterima sebagai pegawai honorer pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Paniai hingga tahun 2007 Thomas lolos dalam seleksi calon pegawai negeri sipil Kabupaten Paniai.


Pada tahun 2008 Thomas menikahi Paulina Logo, seorang wanita asal Wamena dan dikaruniai seorang putra yang diberi nama Romedo Sondegau. Selama bekerja sebagai pegawai negeri sipil Thomas dikenal sebagai pahlawan rakyat dimana setiap masyarakat yang mengeluh terkait pembangunan di kampung mereka selalu disampaikan kepada Thomas untuk mengusulkan ke pimpinan daerah hingga dialokasikan sejumlah program pembangunan.


Karena merasa banyak keluhan masyarakat yang diabaikan, Thomas lantas mencalonkan diri pada pemilihan anggota legislatif priode 2009-2014 dan terpilih sebagai anggota DPRP. Dengan jabatan tersebut berbagai program pembangunan didorong olehnya sehingga pada priode 2014-2019 Thomas kembali terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua.


Bagi Thomas, dengan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat maka fokus kerja harus pada masyarakat itu sendiri, karena setiap orang yang telah terpilih sebagai wakil rakyat harus menjawab apa yang masyarakat inginkan terlebih demi kemajuan daerah setempat. Tugas dari wakil rakyat adalah bagaimana untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat itu sendiri.


Meski saat menyelesaikan pendidikan di Biak dirinya tinggal di panti asuhan dan tidak ada pembiayaan dari orang tua atau saudaranya, lantas tidak membuat Thomas memilih kasih saat menjabat sebagai anggota DPRP namun semua aspirasi masyarakat baik dari Biak ataupun masyarakat daerah lain di Papua selalu saja diperjuangkan oleh Thomas terlebih tempat kelahirannya sendiri.


Anak dari almarhum Joga Tagoni Sondegau dan almarhumah Deba Mina Belau ini memiliki sebuah mimpi yang besar, bahwa Papua harus bangkit dari ketertinggalan dan kemiskinan yang selama ini menjadi tangisan dan doa masyarakat Papua, menurutnya semua hal dapat dilakukan apabila para wakil rakyat dapat bekerja dengan serius, mengedepankan kepentingan rakyat dari pada politik dan pribadi. (JEB/WN)






from WiyaiNews http://wiyainews.com/mengenal-sosok-thomas-sondegau.html

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment