Thursday, January 22, 2015

USAI PELANTIKAN 11 KURSI OTSUS, 7 FRAKSI DPR-PB DILEBUR MENJADI 5

Manokwari, Wiyai News – Setelah pelantikan 11 kursi jalur Otsus dilantik oleh ketua Pengadilan Tinggi Papua, Rabu (21/1) maka terjadi perubahan besar-besaran dalam kelengkapan Dewan, mulai dari Tata tertib, Fraksi, Komisi dan Badan-badan.


Dimana sebelumnya DPR-PB memiliki tujuh Fraksi terdiri dari, Demokrat, Golkar, PDI-P, NasDem, PAN, Gerindra dan Hanura, namun karena terbentuk Fraksi otsus yang berjumlah 11 kursi, maka dilebur menjadi lima fraksi dan lima komisi.


Ketua Fraksi PDIP Bersatu, M. Sanusi Rahaningmas, S.Sos kepada wiyainews.com di ruang sidang DPR-PB, Kamis (22/1) mengatakan, dari lima Fraksi utuh yang tidak bisa dilebur adalah Demokrat, Golkar dan 11 kursi Otsus.


Sementara dua fraksi sisa akan digabungkan dari fraksi PDIP bersatu yaitu, PDI-P, PKB dan PKPI, kemudian fraksi NasDem, Hanura dan Gerindra, dan PAN belum menyatakan sikap bergabung untuk membentuk satu fraksi.


“Kami PDIP Bersatu sendiri sudah membentuk fraksi yang terdiri dari tiga partai politik yaitu, PDI-P 4 kursi, PKB 3 kursi dan PKPI 2 kursi jadi total 9 kursi, dari tujuh fraksi itu yang terbesar Fraksi Demokrat, Golkar dan PDI-P,untuk fraksi NasDem, PAN,Gerindra dan Hanura akan dilebur sehingga bisa mencapai lima fraksi” ujar Sanusi usai mengikuti rapat dalam rangka ramah tamah dengan anggota DPR-PB jalur Otsus, Kamis (22/1) siang.


Lanjut Sanusi, pihaknya akan melakukan lobi-lobi politik dengan empat fraksi yang belum memenuhi keanggotaan itu, sehingga mereka bisa bertambah anggotanya.


Sementara ketua fraksi Partai NasDem, Kostan Saubei ketika dikonfirmasi media ini melalui telepon selulernya, Kamis (22/1) malam mengatakan, pihaknya sudah melakukan lobi politik dengan partai Hanura dan Gerindra untuk membentuk satu fraksi sesuai aturan yang ada.


“Kami Partai NasDem sudah melakukan lobi dan mencapai kesepakatan dengan Partai Hanura dan Gerindra untuk membentuk satu fraksi, tinggal besok (hari ini-red) akan diplenokan dalam rapat paripurna DPR-PB” ucap kader politisi partai NasDem ini kepada wiyainews.com melalui telepon selulernya Kamis Malam.


Menurut informasi yang diterima wiyainews.com agenda pembentukan alat kelengkapan dewan di tubuh DPR-PB akan digelar hari ini, setelah merevisi tata tertib dewan yang sudah ditetapkan sebelumnya. (ARS/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1Cp0gw8

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment