Tuesday, January 27, 2015

BANDARA SENTANI AKAN PUNYA DUA RUNWAY

Jayapura, Wiyai News – Bandara Udara Sentani Kabupaten Jayapura adalah lokasi yang paling cocok untuk terus dikembangkan menjadi runway (landasan pacu), sesuai dengan hasil studi penetapan lokasi pembangunan bandara internasional di Papua.


Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua,, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan dari hasil studi yang dilakukan, pihak konsultan telah memastikan jika terdapat potensi di areal Bandara Sentani yang bisa digarap untuk dijadikan sebuah runway dengan panjang yang cukup memadai.


Runway sepanjang 2000 meter itu di daerah Dabonsolo, di sebelah Bandara Sentani juga. Kalau potensi itu bisa digarap oleh pemerintah, maka penerbangan lokal bisa disitu,” ungkap Yusuf kepada wartawan di Kantor Gubernur Papua, belum lama ini.


Untuk dikembangkan menjadi bandara bertaraf internasional, terang Yusuf, Bandara Sentani minimal harus memiliki dua runway, dan saat ini hal tersebut tergantung dari pihak Kementerian Perhubungan apakah akan menyetujui hasil studi tersebut atau tidak.


“Jadi untuk internasional memang kita harus punya dua runway supaya mega planningnya bisa lancar, dan kita sudah dapat potensi disana. Tinggal sekarang lagi persiapan di Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, untuk pengembangan Bandara Sentani menjadi dua jalur,” terangnya.


Runway yang ada sekarang sudah cukup tinggal nanti tambah satu lagi, minimal potensi 2500 meter, dan nantinya akan bersebelahan dengan runway yang ada dan sudah diukur oleh konsultan sehingga diketahui potensi itu ada.”


Setelah studi selesai, kata Yusuf, hasilnya akan dipaparkan ke pusat, kalau disetujui akan dilanjutkan ke tahapan studi yang teknisnya lebih dalam. “Sehingga ke depan dia bisa paket, tinggal komunikasi kita dengan pusat apakah kita yang lahan dan mereka yang bangun,” pungkasnya.


Sebelumnya diketahui jika pada tahun anggaran 2014 lalu, pemerintah provinsi Papua melalui Dinas Perhubungan melakukan studi wilayah yang distudi penetapan lokasi pembangunan bandara internasional di Papua dengan tiga wilayah yang dicalonkan, yaitu, Sentani, Keerom dan Griminawa. (PIET/WN)






from WiyaiNews http://ift.tt/1uXxmlX

#papua #wiyainews

No comments:

Post a Comment